Postingan

My Great God

Gambar
My Great God - Yehezkiel 34:16


"Yang hilang akan Kucari, yang tersesat akan Kubawa pulang, yang luka akan Kubalut, yang sakit akan Kukuatkan, serta yang gemuk dan yang kuat akan Kulindungi ; Aku akan menggembalakan mereka sebagaimana seharusnya."
Pernyataan dalam tanda kutip diatas adalah Firman Allah yang Ia sampaikan melalui perantaraan Nabi Yehezkiel pada zamannya. 
Indah ya? Kita punya Allah yang penuh kasih dan tanggungjawab. Kala itu umat israel hidup dalam keadaan yang kacau balau dihadapan Allah. Meskipun Allah sangat kecewa terhadap umat Israel, Ia tetap mengasihi mereka. Dalam janji-Nya, Allah menyatakan bahwa Ia akan memulihkan keadaan Israel, Ia tidak akan meninggalkan mereka tanpa arah dan tujuan yang jelas. Lewat perantaraan nabi Yehezkiel, Allah menyatakan isi hati-Nya kepada umat Israel secara jujur, jelas, tegas dan penuh kasih. Kita bisa melihat dalam keseluruhan kitab Yehezkiel dalam perjanjian lama, dimana Allah gak pernah bosan untuk selalu memberi pering…

Photograph

Gambar
Photograph - Mazmur 139: 16b

Dua puluh tiga tahun yang lalu, saya lahir dalam kondisi tidak normal dengan berat hanya 1,7 Kg karena asupan gizi yang tidak terpenuhi dengan baik. Selama sekitar setengah jam saya tidak menangis dan jantung saya tidak berdetak dengan kecepatan yang wajar. Penyebabnya adalah saya sempat terminum air ketuban ketika lahir, hal ini mengharuskan bidan yang menangani saya menyedot semua cairan yang berhasil masuk dalam rongga pernapasan, mulut, hidung dan telinga saya. Kedua orang tua saya sudah pasrah. Dengan kondisi ekonomi yang sangat sulit ketika itu, membuat mereka tidak punya pilihan lain selain membiarkan saya di rawat hanya oleh seorang bidan. Atas kemurahan Tuhan, akhirnya saya bernapas dan menangis layaknya bayi normal lainnya. Namun, berat saya yang tidak normal membuat saya seharusnya berada di dalam incubator, tetapi karena kedua orang tua saya tidak punya cukup uang untuk biaya yang begitu mahal kala itu, mereka memutuskan untuk membawa saya pulan…

Eben Haezer!

Gambar
Eben Haezer !
I Samuel 7:12


Dan saat ku pikirkan, kebaikan-Mu Tak pernah ku kekurangan Dan saat ku renungkan, kesetiaan-Mu Esok kan ku jelang, tanpa keraguan Surya kan terus ada
Seorang hamba Tuhan yang saya kenal pernah berkata begini dalam renungan Firman Tuhan yang ia bawakan, "Dalam hidup ini, Tuhan gak pernah janji kalau semua yang kita jalani akan selalu baik-baik saja. Kita pasti akan diperhadapkan dengan berbagai macam suka dan duka silih berganti, akan selalu ada pergumulan dan akan selalu ada kesukaran. Janji Tuhan adalah, bahwa Tuhan gak akan membiarkan kita melewati semuanya itu sendirian, bahwa ia pasti menyertai setiap langkah kita. Yang kita harus ingat adalah, bahwa penyertaan Tuhan akan selalu beriringan dengan kekudusan."
Dua hari yang lalu, seseorang yang saya kasihi genap menjalani kehidupannya selama 24 tahun oleh kemurahan Tuhan. Kami sangat bersyukur dan berterimakasih kepada Tuhan atas pemeliharaan Tuhan baginya. Saya memang gak pernah tahu apa yang sudah …

Endless Love

Gambar
Endless Love

Yohanes 3:16


Kayak judul drama korea taon 2000-an yak? yang alur ceritanya bikin mewek bombay sampai musti habisin tissue satu rol saking sedihnya (halah apasih -_-) oke baiklah mari kembali ke dunia nyata.


Kalau bicara soal cinta, rasanya kita gak akan pernah kehabisan bahan. Semua tentang cinta selalu jadi topik yang gak pernah luntur oleh apapun dan selalu sangat menarik untuk dibahas. Cinta menciptakan berbagai warna dalam hidup kita, menimbulkan macam-macam rasa yang bahkan sebelumnya kita gak pernah tahu. Kita seringkali berpikir, ketika sudah memiliki apa yang kita inginkan maka kita bahagia. Memiliki keluarga yang bahagia, menemukan pasangan hidup yang sesuai dengan kriteria kita, harta yang berlimpah, kuat dan sehat serta berbagai hal lainnya. Benar gak sih kita sudah bahagia? Kenyataannya sebagian besar dari kita atau bahkan hampir semua terus merasa masih ada yang kurang, gak pernah cukup, ironis. Di cintai oleh sekian banyak orang yang ada dalam hidup kita, gak…

Precious !

Gambar
Precious !

Yesaya 43:4


"Kok muka aku bulat sih?" 
"Kok perut aku buncit sih?"
"Kok kulit aku hitam sih?"
"Kok hidup aku berantakan sih?"

Dan segala macam 'Kok dan Kok' lainnya. Manusiawi memang kalau ingin menjadi lebih dari orang lain. Lebih kaya misalnya atau mungkin lebih cantik? Adalah hal yang sangat wajar apabila kita ingin menjadi 'lebih'. Gak mudah hidup di hari-hari ini. Ada banyak hal yang membuat kita menuntut lebih bahkan bukan hanya pada orang tertentu tapi juga diri kita sendiri. Kita menjadikan segala macam hal yang kita pandang 'lebih' dengan mata jasmani menjadi tolak ukur seberapa berharganya kita dimata dunia.

Saya pernah mengalami hal ini. Lahir dalam keluarga kristen serta hidup dalam atmosfir gereja dan pelayanan gak cukup untuk membuat saya tumbuh menjadi pribadi yang baik dan menghargai diri sendiri.

Menjadi objek bully teman-teman saya ketika masih duduk di Sekolah Dasar membuat saya menjadi pribadi y…

Sebaiknya dipendam atau diungkapkan sih?

Gambar
Sebaiknya dipendam atau diungkapin sih?
Mazmur 37:8a


Pada pernah marah gak sih?
Kalau kalian bilang ENGGAK, artinya kalian lagi bohong sama semua orang yang baca blog ini dan diri kalian sendiri. Siapa sih di semesta ini yang gak pernah marah, sesabar apapun dan sebaik apapun kalian pasti ada saat di mana kalian akan marah-marah. Mulai dari dikarenakan oleh hal-hal yang pantes buat jadi bahan marah sampai hal-hal sepele yang seharusnya gak perlu jadi alasan untuk marah-marah. Ya gak sih?
"Nyebelin banget sih, dasar gak peka!"gerutu saya dalam hati beberapa waktu lalu saat terjadi salah paham diantara kami. Belum lama ini, saya sering merasa diabaikan oleh orang yang paling dekat dengan saya. Sebenarnya sih, cuman salah paham akibat kelelahan oleh kesibukan masing-masing, tapi bukan cewek namanya kalau gak ngomel-ngomel lalu ngambek gak jelas. Yah, dasar wanita.
Namun, ada hal menarik yang bisa saya ambil sebagai pelajaran ketika kesalahpahaman ini terjadi.
Yang pertama adalah…

Mengeluh atau Bersyukur?

Gambar
Mengeluh atau Bersyukur?
I Tesalonika 5:18



"Hidup adalah Pilihan," begitu kata seorang hamba Tuhan yang sering saya panggil dengan sebutan tante Juni dalam sebuah renungan yang ia bawakan pada ibadah Youth di salah satu gereja lokal tempat saya bertumbuh. Kalau saya tidak salah ingat, waktu itu saya masih kelas tiga SMP. Malam itu tante Juni tidak begitu panjang lebar menjelaskan tentang pilihan apa aja yang harus kita ambil dalam hidup ini atau pilihan apa aja yang harus kita hindari. Ia menjelaskan pernyataan tersebut dengan kalimat-kalimat yang sangat sederhana, mudah dipahami dan dimengerti oleh saya dan teman-teman saya yang kala itu masih dalam kondisi pribadi yang lebay dan labil. 
"Sudahkah kalian bersyukur hari ini?" begitu tanyanya dengan nada rendah. Kalimat itu menyentuh hati saya. Kalimat yang sangat sederhana tetapi yang juga seharusnya begitu dalam artinya bagi semua orang yang mengaku percaya pada Tuhan dan hidup oleh kasih karunia-Nya. 
Saya teringat …